Categories
Info

24 Pengungsi Rohingya Hilang di Laut, Malaysia Lakukan Pencarian

Pandangan. com – Otoritas berwenang di Malaysia menggelar pencarian terhadap 24 pengungsi Rohingya yang hilang zaman mencoba berenang untuk mencapai darat. Menyadur The Guardian, Senin (27/7/2020), para pengungsi ini nekat terjun dari kapal mereka yang berharta di lepas pantai dan berenang ke daratan pulau wisata Langkawi.

–>

Suara. com – Dominasi berwenang di Malaysia menggelar pekerjaan terhadap 24 pengungsi Rohingya yang hilang saat mencoba berenang buat mencapai daratan.

Menyadur The Guardian, Senin (27/7/2020), para pengungsi ini nekat masuk dari kapal mereka yang beruang di lepas pantai dan berenang ke daratan pulau wisata Langkawi.

Pihak pembela pantai Malaysia mengatakan 25 karakter mencoba berenang ke darat pada Sabtu (25/7) malam, ketika kapal mereka berada di dekat miring barat pulau ini.

Namun dari puluhan orang yang berenang, hanya kepala yang berhasil mencapai daratan.

Direktur bagian provinsi untuk Badan Penegakan Bahari Malaysia (MMEA), Mohd Zawawi Abdullah, mengatakan pencarian menggunakan dua pesawat dan satu pesawat.

Tim pencarian dalam Minggu (26/7), menyebar dan menyisir area laut dengan cakupan 100 mil.

Pengungsi Rohingya mengantre makanan di kamp Thankhali, Bangladesh, (12/1). (AFP)
Pengungsi Rohingya mengantre makanan di kamp Thankhali, Bangladesh, (12/1). (AFP)

“Kami telah menyampaikan informasi ke agen penyelamat lain dan masyarakat nelayan lokal dan juga bakal memberi tahu pihak berwenang Thailand untuk membantu pencairan, ” ujat Zamawi.

Kepolisian telah mengamankan dan menginterogasi satu orang yang berhasil mencapai daratan. Namun belum ada rincian lebih lanjut tentang apa yang berlaku di kapal pengungsi tersebut.

Sebelumnya, sebesar 269 orang Rohingya ditahan begitu tiba di Langkawi pada Juni lalu.

Saat itu, kepala MMEA mengucapkan pengungsi dipindahkan dari kapal induk yang lebih besar di mana puluhan orang diyakini telah meninggal dan dibuang ke laut selama perjalanan empat bulan.