Categories
Info

5 Fakta Istri Ajudan Bung Karno Cuma Ngontrak Hingga Dibantu Prabowo

Suara. com porakporanda Menteri Pertahanan Prabowo Subianto serta SAD Jenderal TNI Andika Jantan memerintahkan jajarannya untuk membantu pedusi ajudan Bung Karno yang jatuh sakit. Ia adalah Elizabeth Koesno, istri dari Serma Cpn R. Koesno, ajudan Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno. Belakangan terungkap, Elizabeth yang berusia 93 tahun tumbuh susah dan hanya tinggal dalam kontrakan.

–>

Suara. com – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan SAD Jenderal TNI Andika Perkasa memerintahkan jajarannya untuk membantu istri ajudan Bung Karno yang jatuh sakit.

Ia adalah Elizabeth Koesno, istri dari Serma Cpn R. Koesno, ajudan Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno. Belakangan terungkap, Elizabeth yang berusia 93 tahun tumbuh susah dan hanya tinggal dalam kontrakan.

Berikut ini beberapa fakta yang dirangkum Suara. com , Sabtu (13/6/2020) tentang pedusi ajudan Bung Karno yang dibantu Prabowo.

1. Tidak punya rumah, cuma ngontrak

Cucu Elizabeth, Roland Anziano atau Aldy Revaldy mengumumkan neneknya termasuk warga yang hidup susah karena wabah corona. Dia tinggal di rumah kontrakan dalam daerah Depok, Jawa Barat.

Baca Juga: Prabowo Temui Erick Thohir di Kementerian BUMN Bahas Industri Pertahanan

“Nama Elizabeth Koesno. Umur 93 tahun. Suami alm. serma cpm R. Koesno ajudan pribadi kepala Soekarno subdet istana. Dikubur pada TMP Kalibata. Sekarang jandanya hidup dalam kesusahan dan sakit kelanjutan jatuh, ditambah kondisi pandemi covid19 semakin susah keadaan, ” tulis Roland di akun media sosialnya, dikutip Suara. com, Sabtu (13/6/2020).

Roland mengucapkan ia dan Elizabeth tidak punya rumah milik sendiri. Mereka cuma tinggal di kontrakan.

“Hidup numpang sana sini. Saya sebagai cucunya yang susunan di kontrakan bersama anak dua, istri, mama dan Oma saya yang ngontrak di petakan kawasan Depok dan ber-KTP DKI Jaktim, ” kata Roland.

Baca Juga: Jonru Bikin Jajak Pendapat ‘Jika Prabowo Nyapres Lagi’, Ini Jawaban Terbuka

2. Bertahan hidup secara jual barang

Keluarga Elizabeth Koesno pontang-panting bertahan hidup di pusat pandemi virus corona COVID-19. Itu harus jual barang yang dimiliki untuk menyambung hidup.

“Sampai detik itu tdk mempunyai rumah dan saat ini kami bertahan hidup jualin barang-barang yang ada satu persatu buat bertahan hidup selama pandemi ini, ” ungkap Roland.

Cucu Elizabeth yang bekerja sebagai sopir taksi konvensional mengaku semakin berat sampai kebutuhan omanya lantaran pandemi Covid-19. Tiga bulan terakhir ini, Roland tak bisa bekerja narik taksi mengingat kondisi PSBB.

3. Tulang belakang retak

Istri ajudan Bung Karno jatuh sakit (Instagram)
Istri ajudan Bung Karno jatuh sakit (Instagram)

Iklim Elizabeth Koesno tambah mengkhawatirkan pokok tulang belakangnya retak.

Menurut cucunya, Elizabeth terjatuh saat berada di rumah di dalam Januari lalu. Keluarga sempat mendatangkan Elizabeth ke RS Polri Kramat Jati.

Namun dokter di sana angkat tangan tak bisa mengoperasi Elizabeth. Dokter mempertimbangankan usia istri ajudan Bung Karno yang sudah benar tua.

“Oma habis jatuh bantalan tulang punggung retak dan pecah, tak bisa dioperasi karena sudah sempurna, ” ungkap Roland.

“Diharuskan memakai korset khusus yang sampai pundak, sebab kami tidak sanggup membeli, tulang punggung oma menjadi melengkung bongkok karena tidak ada yang menopang tulang panggulnya, ” imbuhnya.

4. Minta tolong Jokowi

Postingan tentang keadaan Istri ajudan Bung Karno (Instagram)
Postingan tentang keadaan Istri kepercayaan Bung Karno (Instagram)

Dalam postingan- nya, Roland juga mengambil tolong pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Megawati.

“Saya minta sokong kepada paspampres yang membaca ini sampaikan kepada bapak Jokowi ataupun ibu Megawati kalau masih ada janda pahlawan yang hidup di kondisi kesusahan, ” ucap Roland.

Ia memasukkan, “Dulu sebelum pandemi walau suram kami tidak sampai begini parahnya, karena saya dan istri bisa bekerja. ”

Dalam unggahan itu, cucu Elizabeth Koesno menandai sejumlah akun media sosial milik Paspamres, TNI, Puan Maharani, ajudan Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, hingga Hotman Paris.

5. Dibantu Prabowo dan TNI pakai ambulans RI 1

Dhani Wirianata, ajudan Prabowo Subianto mengabarkan evakuasi Elizabeth Koesno, istri ajudan Bung Karno (Instagram @dhaniwirianata)
Dhani Wirianata, ajudan Prabowo Subianto mengabarkan evakuasi Elizabeth Koesno, istri ajudan Bung Karno (Instagram @dhaniwirianata)

Informasi Elizabeth sakit lalu diketahui sebab Prabowo Subianto dan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa. Kementerian Pertahanan dan TNI langsung mengevakuasi Elizabeth ke rumah sakit.

Roland mengungkapkan penyelamatan omanya menggunakan fasilitas kelas satu. Tim yang datang membawa ambulans VVIP yang dipakai oleh MENODAI 1 Mercy 1 Presidential Hospital.

Menurut Roland dari keterangan sopir, mobil ambulans RI 1 Mercy 1 biasanya dipakai untuk pasien VVIP.

“Ambulans RI 1 buat jemput emak. Kata driver-nya yang juga anggota TNI bilang, ambulans ini khusus RI 1 dan VVIP khusus bukan buat umum, ” ujar Roland saat dihubungi media, Kamis (11/6/2020) malam.

Tampak, ambulans itu berukuran bertambah besar dari pada umumnya. Arah interior ambulans khusus VVIP ini juga lebih luas dan lega.

Kekinian, Elizabeth Koesno telah berada dalam ruang bedah tulang RSPAD Gatot Subroto. Ia dan keluarganya serupa sempat menjalani tes swab & rapid tes dengan hasil negatif Covid-19.