Categories
Info

Amien Rais Klaim Sesat Istilah Brand new Normal Pemerintah dan 5 Berita Lainnya

Suara. com – Istilah New Normal atau Kenormalan Baru yang digaungkan pemerintah untuk ‘berdamai’ dengan Malware Corona atau Covid-19 mendapat kritikan dari mantan Ketua MPR RI Amien Rais. Â Pendiri Partai Amanat Nasional ini mengklaim Indonesia telah keliru memaknai New Regular

–>

Suara. com — Istilah New Normal atau Kenormalan Baru yang digaungkan pemerintah untuk ‘berdamai’ dengan Computer virus Corona atau Covid-19 mendapat kritikan dari mantan Ketua MPR RI Amien Rais.  

Pendiri Partai Arahan Nasional ini mengklaim Indonesia telah keliru memaknai New Normal

Ia mengklaim, Indonesia dan negara lainnya sudah keliru memaknai istilah new normal. Dia menerangkan bahwa istilah new normal bermakna melanjutkan hidup secara normal selamanya. Tapi pemerintah dinilai belum siap menggunakan skenario new normal tersebut.

“Dikatakan sesungguhnya itu tidak merupakan new normal, tapi itu we all have to straight normal forever dan kita lanjutkan yang normal itu selamanya, karena apa yg normal itu biasanya ada standarnya, ada norma-norma, ada pola-pola yg reguler, dan tentu ada poin rujukan referensi, ini tak wujud sama sekali, ” kata Amin Rais melalui video yang diunggah di akun Instagram pribadinya @amienraisofficial, Senin (25/5/2020).

Selain kritikan dari Amien Rais, Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay mengatakan bukan ada sesuatu yang baru pada dalam Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK. 01. 07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 pada tempat Kerja Perkantoran dan Industri. Panduan untuk bekerja di masa new normal Indonesia itu dipandang hanya mengikuti imbauan yang telah ada.

Diketahui dalam panduan tersebut, perusahaan diminta menyiapkan pengecekan suhu hingga imbauan penggunaan masker kepada karyawan. Ini bukan merupakan barang baru. Sebab pemerintah sendiri sudah meminta hal tersebut diterapkan sejak pandemi Covid-19.

Selain dua berita tersebut, Suara. com juga merangkum beberapa berita lainnya mengenai pro-kontra New Normal dalam Senin (25/5/2020).

1. Psikolog: Penerapan Brand new Normal Picu Orang Mengalami Stres

Ilustrasi konsep new normal (Shutterstock)

Psikolog klinis Dian Selaras Layanan Psikologi Bali, Ida Ayu Saraswati Indraharsani mengatakan bahwa proses beradaptasi seseorang dalam penerapan new normal dapat mempengaruhi kesehatan mental.

Dia pun memperkirakan banyak warga yang maka akan mengalami stres saat mencoba beradaptasi dengan kebiasan-kebiasan baru.

Baca selengkapnya

two. Bongkar Istilah New Normal, Amien Rais: Jangan Pakai Lagi, Sesat!

Amien Rais pada rumahnya Condongcatur, Depok, Sleman, Kota Istimewa Yogyakarta, Sabtu (13/7/2019) painful. [Suara.com/Rahmat Ali]

Mantan Ketua MPR RI Amien Rais angkat bicara mengenai istilah new regular yang digagas pemerintah dalam menghadapi pandemi virus corona baru atau (Covid-19).

Ia mengklaim, Philippines dan negara lainnya telah keliru memaknai istilah new normal.

Baca selengkapnya

3. Sekolah Dikabarkan Buka Bulan Juli, Ini Panduan New Normal Hadapi Corona

Siswa-siswi di Vietnam kembali masuk sekolah setelah 3 bulan lockdown.[AFP/Manan VATSYAYANA]

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dikabarkan akan segera membuka sekolah dalam waktu dekat. Meskipun, hal ini belum dapat dipastikan kapan.

Ditanya mengenai hal ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan bahwa ia belum mengambil keputusan. Nadiem mengaku masih menunggu arahan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Baca selengkapnya

4. Panduan New Normal Indonesia dri Menkes Terawan Bukan Barang Baru

Pesepeda melintas di jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (20/5). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Anggota Komisi IX DPR, Saleh Partaonan Daulay mengatakan tidak ada sesuatu yang baru di dalam Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK. 01. 07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di tempat Kerja Perkantoran lalu Industri. Panduan untuk bekerja pada masa new normal Indonesia itu dipandang hanya mengikuti imbauan yg telah ada.

Diketahui dalam panduan tersebut, perusahaan diminta menyiapkan pengecekan suhu hingga imbauan penggunaan masker kepada karyawan. Ini bukan merupakan barang baru. Sebab pemerintah sendiri sudah meminta hal tersebut diterapkan sejak pandemi Covid-19.

Baca selengkapnya

5. Panduan Brand new Normal Tempat Kerja dari Kemenkes, dari Lembur hingga Makanan

Gedung Kementerian Kesehatan pada Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (15/5/2016). [Suara.com/Adhitya Himawan]

Kementerian Kesehatan / Kemenkes telah menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK. 01. 07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Dalam petunjuk itu disebutkan panduan bagi penduduk yang bekerja di masa “New Normal” atau perubahan pola hidup pada situasi Covid-19.

Baca selengkapnya