Categories
Info

Anies Baswedan: Dalam Waktu 3 Tanda, Genangan Air di 87 RT Sudah Surut

Suara. com – Cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah ibu kota & sekitar, membuat sejumlah titik dalam Jakarta dilanda banjir, Sabtu (20/2/2021). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, total 87 RT yang terdampak banjir sudah surut. Sementara per pukul 12. 00 WIB Sabtu, masih ada 113 RT yang terendam.

Perkataan. com – Cuaca ekstrem yang terjadi di provinsi ibu kota dan sekitar, mewujudkan sejumlah titik di Jakarta dilanda banjir, Sabtu (20/2/2021).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, total 87 RT yang terdampak banjir sudah surut. Sementara per pukul 12. 00 WIB Sabtu, masih tersedia 113 RT yang terendam.

“Sabtu pagi tersedia 200 RT yang tergenang. Per jam 12, sudah ada 87 RT yang surut. Jadi statusnya sekarang tinggal 113 yang masih ada genangannya, dari 30 ribu RT di Jakarta, ” kata Anies di GOR Otista, Jakarta Timur.

Anies mengklaim, surutnya banjir pada 87 RT tersebut hanya dalam waktu tiga jam. Ia berniat Sabtu siang menjelang sore, bertambah banyak lagi yang alami penyusutan banjir.

Baca Serupa: Daftar Lengkap Rute TransJakarta yang Disetop Sementara sebab Banjir

“Tapi air Insyallah tersedia waktu surut. Prioritas kami ialah keselamatan semua dan setiap masyarakat Jakarta, ” tuturnya.

Mempercepat minuman surut
Anies sudah menginstruksikan petugas untuk mempercepat metode mengalirkan air ke sungai sehingga target surut dalam enam tanda tercapai.

“Jadi alhamdulillah, kita seluruh korps bekerja responsif. Mudah-mudahan semua aman. Targetnya adalah, di tempat paluh, bila tidak ada kendala khusus, seperti tanggul yang jebol dan lain-lain, diharapkan dalam enam jam bisa surut, ” katanya.

Banjir di Jakarta dan daerah di sekitarnya, kata Anies, diperparah oleh hujan ekstrem.

“Sejak tadi malam, Jakarta dan sekitarnya mengalami hujan yang cukup saksama. Ini catatan dari BMKG, curah hujan sampai 226 mm, di Sunter Hulu 197 mm, pada Halim sampai 176 mm, Lebak Bulus 154 mm. Semua angka di atas 150 mm, merupakan kondisi ekstrem, ” ujar Anies.

Baca Juga: Viral! Perbedaan Orang Bapet dan Kaya saat Bicarakan Banjir

Sementara kapasitas sistem drainase dalam Jakarta berkisar 50 mm sampai 100 mm.