Categories
Info

Australia Tawarkan Kewarganegaraan bagi Penduduk Hong Kong

Suara. com – Perdana Menteri Australia Scott Morisson menangguhkan perjanjian ekstradisi serta menawarkan kewarganegaraan bagi penduduk Hong Kong. Menyadur CNN, hal ini diungkapkan Morisson ketika mengadakan konvensi pers di Canberra pada hari Kamis (09/07/2020).

–>

Suara. com – Perdana Menteri Australia Scott Morisson menangguhkan perjanjian ekstradisi dan menawarkan kewarganegaraan bagi warga Hong Kong. Menyadur CNN, peristiwa ini diungkapkan Morisson ketika melakukan konferensi pers di Canberra di dalam hari Kamis (09/07/2020).

“Undang-undang keamanan nasional China untuk Hong Kong adalah perubahan mendasar sehubungan dengan perjanjian ekstradisi kita dengan Hong Kong. Kami telah secara resmi meluluskan tahu Hong Kong dan tahu pihak berwenang China, ” katanya.

PM akan memperpanjang masa berlaku izin bagi 10. 000 warga Hong Kong yang berada di negaranya.

“Akan ada warga Hong Kong yang mungkin sedang mencari tempat lain untuk pindah, untuk memulai kehidupan baru di tempat lain, mendatangkan serta keterampilan mereka, bisnis itu, ” ujar Morrison.

Bagi pemegang izin sementara, visa akan diperpanjang hingga lima tahun lalu proses kediaman permanen bisa diajukan di akhir periode.

Ilustrasi keramaian (123rf/Alexander Ryabintsev)
Ilustrasi keramaian. (123rf/Alexander Ryabintsev)

Scott Morisson juga mengatakan Australia telah memperbarui penasihat perjalanannya untuk Hong Kong. Ia memperingatkan warganya tentang kemungkinan penahanan di kota tersebut di bawah undang-undang yang samar.

Sebelumnya Inggris juga mengatakan akan memberikan kewarganegaraan pada tiga juta warga Hong Kong bagi mereka yang lahir sebelum penyerahan kota kepada pemerintah Cina pada tahun 1997.

Ilustrasi paspor Inggris. [Shutterstock]
Ilustrasi paspor Inggris. [Shutterstock]

Taiwan juga mengatakan akan menyambut masyarakat Hong Kong yang ingin meninggalkan kota itu, meskipun pulau tersebut diperkirakan tidak akan menampung penuh penduduk dan bukan penandatangan Kaidah Pengungsi PBB.