Categories
Info

Batasan Aurat Wanita Menurut Syariat Islam

Suara. com – Menguncup aurat hukumnya wajib bagi seorang muslimah. Namun, dengan jalan apa batasan aurat wanita di syariat Islam? Berikut penjelasannya beserta dalil-dalil yang mendasarinya. Sebelum membahas lebih jauh tentang batasan aurat perempuan, kalian perlu paham barang apa itu aurat. Aurat adalah anggota tubuh yang tidak boleh ditampakkan dan diperlihatkan oleh lelaki atau rani kepada orang lain.

Suara. com – Menutup aurat hukumnya wajib bagi seorang muslimah. Namun, bagaimana batasan kemaluan wanita dalam syariat Agama islam? Berikut penjelasannya beserta dalil-dalil yang mendasarinya.  

Sebelum membahas lebih jauh mengenai batasan aurat wanita, kalian perlu paham apa tersebut aurat. Aurat adalah anggota tubuh yang tidak dapat ditampakkan dan diperlihatkan oleh lelaki atau perempuan pada orang lain.

Para ulama sepakat patokan menutup aurat adalah wajib. Hal tersebut sesuai secara perintah Allah yang tercatat dalam surat An-Nur ayat 31 yang artinya jadi berikut.  

“Dan katakanlah kepada para rani yang beriman, agar itu menjaga pandangannya, dan menanggung kemaluannya, dan janganlah menunjukkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain tengkuluk ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, ataupun ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara pria mereka, atau putra-putra belahan laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, ataupun para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, ataupun para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai rencana (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti mengenai aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya supaya diketahui perhiasan yang itu sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung. ”

Membaca Juga: Unggah Foto Mulan Jameela dengan Tak Berhijab, Ahmad Dhani Dikritik Masalah Aurat

Islam memiliki aturan terpisah tentang konsep aurat bagi seorang muslimah. Sesuai syariat, batasan aurat wanita mengungkung seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Kejadian itu dijelaskan dalam sebuah hadis riwayat Abu Dawud.  

Rasulullah SAW menyadarkan Asma binti Abu Menjilat, adik kandung Aisyah binti Abu Bakar, yang merembes ke rumah Beliau menggunakan pakaian tipis. Rasulullah langsung memalingkan wajahnya seraya berceloteh

  “Wahai Asma! Sesungguhnya wanita jika telah baligh maka tidak boleh nampak dari anggota badannya kecuali ini dan ini (beliau mengisyaratkan ke depan dan telapak tangan).[HR. Abu Dawud, no. 4104 dan al-Baihaqi, no. 3218. Hadist ini dishahihkan oleh Syaikh al-Albani rahimahullah] 

Berikut penjelasan lebih rinci terkait batasan aurat perempuan dilansir dari almanhaj. or. id.  

1. Batasan aurat wanita  pada hadapan laki-laki yang bukan mahramnya

Baca Juga: Umbar Aurat masa Aksi Protes PPKM, Politikus PDIP Sebut Dinar Candy Tak Baik untuk Bani

Islam sangat menghormati wanita dengan mewajibkannya menyumbat aurat di hadapan laki-laki yang bukan mahramnya. Para-para Ulama sepakat bahwa semesta anggota tubuh wanita merupakan aurat yang harus dalam tutup, kecuali wajah serta telapak tangan.