Categories
Info

Berjejal, Pembagian Sembako oleh Istri-istri DPRD Dikritik, Videonya Viral

Perkataan. com – Pembagian sembako yang dilakukan Ikatan Keluarga Anggota Badan (Ikawan) DPRD Toraja Utara memotong banyak kritik. Pasalnya, aksi tersebu justru menimbulkan kerumunan massa. Kiranya membantu masyarakat yang terdampak kesedihan wabah virus corona, aksi setia sosial ini justru menimbulkan daya penyebaran Covid-19.

–>

Suara. com – Penggolongan sembako yang dilakukan Ikatan Suku Anggota Dewan (Ikawan) DPRD Toraja Utara menuai banyak kritik. Pasalnya, aksi tersebu justru menimbulkan kerumunan massa.

Alih-alih membantu masyarakat yang terdampak bencana wabah virus corona, gerak-gerik bakti sosial ini justru menimbulkan potensi penyebaran Covid-19.

Video yang menunjukkan massa berjejal dan mengerumuni lokasi pembagian sembako beredar luas dalam media sosial. Seperti video yang diunggah akun Twitter @black__valley1, Rabu (22/4/2020).

Dalam video berdurasi 15 detik itu terlihat warga saling berebut barang-barang yang dibagikan.

Terlihat beberapa wanita dengan seragam putih memberikan kedok. Lalu, wanita berseragam putih yang lain memberikan bungkusan plastik kepada warga.

“Cara Pembagian sembako yang dalam lakukan oleh istri-istri anggota DPRD Toraja Utara bermasker biru ini sangat tidak tepat! ” tulis akun @black__valley1.

Ia memasukkan, “Menyalahi aturan baik distancing dan stay at home, seharusnya biarkan masyarakat tetap pada rumah aja, gerakkan petugas serta relawan bagikan dari rumah ke rumah”.

Video viral pembagian sembako oleh Ikawan DPRD Toraja Utara, warga saling berdesakan (Twitter)
Video viral penggolongan sembako oleh Ikawan DPRD Toraja Utara, warga saling berdesakan (Twitter)

Warganet asing juga mengkritik cara pembagian sembako yang dilakukan Ikawan DPRD Toraja Utara ini.

“Haduh mengapa sungguh tidak mau belajar dari pengalaman kejadian sebelumnya yang berdesak-desakan. Apa perlu diajarin lagi ya. Setidaknya harus antisipasi buat pagar/batasan lah agar tidak berdesakan begitu, ” tulis seorang warganet.

“Wuih, mantap, gak usah berharap corona cepat berlalu kalau gini sih, ” anggapan netizen lain.

Sebelumnya, kejadian serupa sudah terjadi di daerah lain, kaya Bogor dan Surabaya.

Ratusan warga berurut sembako tanpa jaga jarak pada gedung Baznas Kabupaten Bogor, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Senin (20/4/2020).

Cerai-berai di Surabaya, ratusan warga mengantre membeli sembilan bahan pokok (sembako) dengan harga murah di agenda Lumbung Pangan Jawa Timur yang diinisiasi Pemerintah Provinsi setempat dalam JX International Surabaya, Selasa (21/4/2020).

Warga yang mengantre hingga keluar gedung terlihat tidak mengindahkan anjura terbuka jarak atau physical distancing.