Categories
Info

Bertemu Perwakilan Uni Eropa, Indonesia Berharap HRVP Mendukung Kemerdekaan Palestina

Suara.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyambut baik gencatan senjata antara Israel dan Palestina yang sebelumnya sempat berkonflik pada Ramadhan lalu. Hal ini dikatakan Retno saat melakukan pertemuan bilateral dengan High Representative of the Union for Foreign Affairs and Security Policy (HRVP) Uni Eropa, Josep Borrell di Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Suara.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyambut baik gencatan senjata antara Israel dan Palestina yang sebelumnya sempat berkonflik pada Ramadhan lalu.

Hal ini dikatakan Retno saat melakukan pertemuan bilateral dengan High Representative of the Union for Foreign Affairs and Security Policy (HRVP) Uni Eropa, Josep Borrell di Jakarta, Rabu (2/6/2021).

“Kami sempat bertukar pikiran dan posisi Indonesia adalah satu, menyambut baik gencatan senjata,” ujar Retno dalam jumpa pers secara virtual, Rabu (2/6/2021).

Dalam kesempatan pembicaraan bilateral tersebut, Retno berharap semua pihak memiliki komitmen dalam menjaga situasi yang kondusif. 

Baca Juga: Kritik Pendukung Palestina, Abu Janda Beberkan Fakta Soal ini

“Berharap semua pihak berkomitmen untuk menjaga situasi yang kondusif,” ucap dia.

Karena itu Indonesia menekankan pentingnya upaya mencegah terjadinya kembali lingkaran kekerasan dan pentingnya upaya menyelesaikan core issue.

“Yaitu pengakhiran penjajahan Israel melalui negosiasi yang kredibel untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina berdasarkan two-state solution dan parameter yang telah disepakati secara  internasional,” tuturnya.

Indonesia, kata Retno, juga berharap adanya  peran dan dukungan Uni Eropa dalam mewujudkan kemerdekaan Palestina. 

“Indonesia mengharapkan peran dan dukungan UE dalam mewujudkan Kemerdekaan Palestina,” kata Retno. 

Baca Juga: Peran Indonesia di Sidang PBB dalam Menyuarakan Kemerdekaan Palestina

Dalam kesempatan tersebut, keduanya juga sempat membahas soal Afghanistan,