Categories
Info

Contoh Teks Eksplanasi serta Pengertian, Bukti, dan Strukturnya

Suara. com berantakan Eksplanasi berasal dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan menerangkan atau menjelaskan. Lalu bagaimana contoh wacana eksplanasi, ciri-ciri dan strukturnya? Persetujuan teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses dengan berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan asing sebagainya. Tujuan penulisan teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan sebuah jalan terciptanya sesuatu yang…

Bahana. com – Eksplanasi berasal dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan menerangkan atau menjelaskan. Lalu bagaimana contoh teks eksplanasi, ciri-ciri dan strukturnya?

Pengertian teks eksplanasi adalah sebuah teks yang menyimpan tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lain sebagainya. Bahan penulisan teks eksplanasi adalah buat menjelaskan sebuah proses terciptanya segalanya yang terjadi secara alamiah, atau tentang proses bekerjanya fenomena negeri maupun sosial.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Wacana eksplanasi memiliki ciri-ciri yang bisa memudahkan kita untuk membedakan antara teks eksplanasi dengan teks dengan lainnya. Berikut ini penjelasan ciri-ciri teks eksplanasi yang perlu diketahui:

Baca Juga: Contoh Kalimat Efektif & Ciri-ciri serta Syaratnya

  • Strukturnya terdiri dari pernyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi.
  • Memuat informasi berdasarkan data atau faktual, di mana faktualnya itu memuat informasi yang bersifat ilmiah atau keilmuan seperti sains dan yang lainnya.

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki struktur dengan terdiri dari pernyataan umum, lalu dilanjutkan dengan urutan sebab akibat, dan diakhiri dengan interpretasi. Untuk lebih memahami lagi mengenai tata tersebut langsung saja simak uraian di bawah ini.

Pernyataan Umum, menyimpan tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas. Pernyataan tersebut bisa berupa pengenalan fenomena itu atau penjelasannya. Penjelasan umum dengan dituliskan di dalam teks tersebut berupa gambaran secara umum tentang apa, mengapa, dan bagaimana proses peristiwa alam bisa terjadi.

Deretan Penjelas, menyimpan tentang penjelasan proses mengapa sepadan fenomena bisa terjadi atau tercipta. Deretan penjelas ini bisa berisi lebih dari satu paragraf dengan mendeskripsikan penyebab dan akibat daripada sebuah petaka yang terjadi.

Interpretasi, teks penutup yang bersifat pilihan serta bukan keharusan. Teks penutup dengan dimaksud adalah sebuah teks yang merupakan intisari atau kesimpulan lantaran pernyataan umum dan deretan penjelas. Pilihannya dapat berupa tanggapan maupun mengambil kesimpulan atas pernyataan dengan ada di dalam teks tersebut.

Baca Juga: Syarat dan Contoh Teks Berita

Contoh Kerangka Teks Eksplanasi