Categories
Info

Daftar 17 Kendaraan Bebas Mengarungi Ganjil Genap PPKM DKI Jakarta

Perkataan. com – Pembatasan mobilitas masyarakat ibukota atau PPKM memasuki tahap baru. Kepolisian memberlakukan sistem ganjil genap setelah sebelumnya dilakukan pembatasan. Namun ternyata ada pengkhususan, beberapa jenis kendaraan terhindar melintasi ganjil genap.

Suara. com – Pembatasan mobilitas bangsa ibukota atau PPKM mendatangi tahap baru. Kepolisian mengesahkan sistem ganjil genap setelah sebelumnya dilakukan penyekatan. Tetapi ternyata ada pengecualian, beberapa jenis kendaraan bebas menyeberangi ganjil genap.

Peraturan pelik genap diberlakukan kembali pada DKI Jakarta mulai Kamis (12/8/2021). Setidaknya ada 17 jenis kendaraan bebas menyeberangi ganjil genap yang telah berlaku ini. Simak informasinya berikut ini.

Daftar Kendaraan Lepas Melintasi Ganjil Genap

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan No. 320 Tahun 2021 terkait Isyarat Teknis Pelaksanaan Manajamen Keinginan Lalu Lintas Dengan Pola Ganjil Genap pada Kala Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Umum Level 4 Covid-19 disebutkan pengecualian ganjil genap untuk 17 jenis kendaraan.

Baca Pula: Wagub DKI Maklumi Ada Pelanggaran Hari Pertama Gage: Mungkin Bangsa Belum Paham

Berikut ini kendaraan bebas mengarungi ganjil genap:

  1. Kendaraan yang membawa masyarakat disabilitas
  2. Ambulans
  3. Pemadam kebakaran
  4. Kendaraan angkutan umum dengan plat kuning
  5. Kendaraan listrik
  6. Sepeda motor
  7. Kendaraan angkutan barang khusus Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Bahan Bakar Udara
  8. Kendaraan Pimpinan Lembaga Tinggi Negara Republik Indonesia antara lain:
    –                Presiden/Wakil Presiden
    –                Pemimpin MPR /DPR /DPD
    –                Ketua MA/MK /KY /BPK
  9. Kendaraan biro operasional berplat dinas, TNI dan POLRI
  10. Kendaraan pimpinan dan penguasa negara asing dan lembaga internasional yang menjadi tamu negara
  11. Instrumen untuk memberikan pertolongan di dalam kecelakaan lalu lintas
  12. Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan aparat POLRI, seperti kendaraan Pengangkut Uang (Bank Indonesia, mengiringi Bank, pengisian ATM) dengan pengawasan dari POLRI
  13. Kendaraan petugas kesehatan tubuh penanganan COVID-19 selama periode penanggulangan bencana nasional yang diakibatkan oleh penyebaran COVID-19
  14. Kendaraan mobilisasi pasien COVID-19
  15. Kendaraan mobilisasi vaksin COVID-19
  16. Kendaraan pembawa tabung oksigen
  17. Kendaraan angkutan barang pengangkut logistik

Aturan Ganjil Penuh Kembali Diberlakukan di DKI Jakarta

Peraturan miring genap kembali diberlakukan pantas dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor 320 Tahun 2021 tentang etunjuk Teknis Pengoperasian Manajemen Kebutuhan Lalu Lin dengan Sistem Ganjil-Genap Dalam Masa PPKM Level 4 Covid-19.

Metode ganjil genap ini bakal berlaku hingga Senin, (16/8/2021) mendatang yang bersamaan dengan berakhirnya PPKM Level 4 di wilayah DKI Jakarta. Sementara itu penerapan periode ganjil genap akan berlangsung mulai pukul 06. 00 WIB hingga 20. 00 WIB. Ganjil genap tersebut berlaku bagi roda 4 ke atas sedangkan buat roda dua tidak sah.

Sistem aturan ganjil genap sebelumnya telah dijalankan untuk menghindari kemacetan lalu lin. Bagi plat nomor jarang dilarang melintas pada tanggal genap dan begitu sebaliknya.

Mengucapkan Juga: Ini Daftar Ruas Ganjil Lengkap di Ibu Kota, 100 Titik Penyekatan di Jakarta Dihapus

Negeri Aturan Ganjil Genap PPKM