Categories
Info

Dasar Anggaran Kesehatan 2021 Capai Rp 169, 7 Triliun, Ini Cakap Komisi IX

Perkataan. com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut anggaran kesehatan di dalam APBN 2021 direncanakan sebesar Rp 169, 7 Triliun. Anggota Tip IX DPR RI dari Bagian PAN, Saleh Partaonan Daulay, mengutarakan pengelolaan anggaran tersebut harus dikerjakan secara efisien agar mencukupi hajat terutama dalam penanganan Covid-19.

–>

Suara. com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut anggaran kesehatan pada APBN 2021 direncanakan sebesar Rp 169, 7 Triliun.

Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay, mengatakan pengelolaan taksiran tersebut harus dilakukan secara tepat agar mencukupi kebutuhan terutama dalam penanganan Covid-19.

Saleh melihat anggaran yang dibutuhkan di bidang kesehatan cukup gembung. Berdasarkan informasi yang diterima dibanding Kementerian Kesehatan, pengobatan satu pasien Covid-19 itu membutuhkan minimal Rp 75 juta. Pemerintah harus menghiraukan itu di samping kasus tentu Covid-19 yang kian meningkat.

“Kita berharap betul-betul bisa memastikan bahwa keinginan penanganan Covid-19 nanti bisa mencukupi, ” kata Saleh di Kompleks Parlemen, Jumat (14/8/2020).

Selain itu, Taat juga berharap besaran anggaran itu bisa memenuhi kekurangan fasilitas kesehatan tubuh selama ini.

Bukan hanya untuk pengerjaan Covid-19 saja, wakil ketua Bagian PAN tersebut juga mengingatkan kalau anggaran juga bisa digunakan untuk penanganan penyakit lain.

Sebagaimana diketahui, selain wabah Covid-19, terdapat pula penyakit lain yang menyerang masyarakat bagaikan demam berdarah.

“Oleh karena itu ini kudu diikordinasikan sehingga anggraan ini khasiat. Jadi kesehatan masyarakat kita tersebut terjamin, ” pungkasnya.

Sebelumnya, anggaran kesehatan itu setara dengan 6, dua persen APBN 2021.

Anggaran kesehatan tersebut naik hampir tiga kali ganda dari tahun sebelumnya yang cuma Rp57, 4 triliun.