Categories
Info

Ditanya Rizieq Soal Pembubaran Ormas, Refly Harun Singgung Pembatalan PKI

Suara. com – Bekas Pentolan FPI Habib Rizieq Shihab menyingung kembali soal adanya sebuah organisasi asosiasi yang ingin memperpanjang tulisan keterangan terdaftar atau SKT namun justru malah dibubarkan oleh negara.

Suara. com – Eks Pentolan FPI Habib Rizieq Shihab menyingung kembali soal adanya suatu organisasi masyarakat yang mau memperpanjang surat keterangan terekam atau SKT namun justru malah dibubarkan oleh negeri.

Hal tersebut dipertanyakan sebab Rizieq kepada Pakar Kaidah Tata Negara Refly Harun yang dihadirkan sebagai bukti ahli dalam sidang lanjutan kasus kerumunan Petamburan serta Megamendung di Pengadilan Kampung Jakarta Timur, Senin (10/5/2021).

“Ada suatu ormas sejak berdiri tempat memiliki SKT, setelah 20 tahun lebih SKT-nya mau diperpanjang. Pada saat ingin perpanjang ternyata ada regulasi peraturan baru soal keormasan maka diminta 3 sarana yang belum dipenuhi ormas tersebut, ” kata Rizieq dalam persidangan.

Namun Rizieq mengaku heran, pada era ormas tersebut telah menutup semua persyaratan untuk memperpanjang izin, namun malah dibubarkan oleh pemerintah.

Baca Juga: Jadi Saksi di Sidang Kerumunan Rizieq, Begini Kesaksian Refly Harun

“Terus terang saya bingung melihat ada kejadian ormas seperti itu, saya ingin supaya tidak bingung mampu memahami permasalahan ini, ” ujar Rizieq.

Refly pula kemudian memberikan responsnya. Dia mengatakan tak seharusnya ormas tesebut dibubarkan lantaran tidak ada alasan materilnya. Refly lantas menyingung soal pembatalan Partai Komunis Indonesia atau PKI.

“Di republik ini, Yang Mulia, ada pola terlarang yang sampai zaman ini masih dilarang, yakni Partai Komunis Indonesia (PKI) dan itu tidak tanggung-tanggung pelarangannya melalui Tap MPR. Produk regulasi yang tertinggi karena disadari ini perkara pembatasan HAM, itu partai politik yang banyak pengikutinya, dalam sejarah ada pemberontakan, mereka kemudian dilarang. Alasan seperti itu yang menghunjam akal, ” kata Refly.

Lebih sendat, Refly mengaku heran mengapa ada ormas bisa dibubarkan walau belum perpanjang SKT. Padahal, kata dia, banyak ormas lain di luaran sana yang justru terbuka tak dibubarkan dan sedang eksis.

“Ya ahli serupa bingung mengapa organisasi itu dibubarkan karena tidak tersedia alasan materiilnya kecuali kalau ada vonis pengadilan, tapi ini memang betul-betul tak ada alasan kecuali SKT-nya tidak diperpanjang, ” tuturnya.

Menangkap Juga: Rizieq Kembali Bersidang, Refly Harun Dihadirkan Sebagai Saksi Pakar

Untuk diketahui, dalam kasus kerumunan Petamburan, Rizieq didakwa telah melakukan penghasutan hingga ciptakan kerumunan di Petamburan dalam acara ijab kabul putrinya dan maulid rasul Muhammad SAW.