Categories
Info

Ditunjuk Jokowi, Ini Tugas Prabowo Sebagai Pemimpin Food Estate di Kalteng

Suara. com – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ditunjuk Kepala Jokowi sebagai leading sektor kabut proyek lumbung pangan atau food estate di Kalimantan Tengah. Nantinya Ketua Umum Partai Gerindra tersebut akan mempersiapkan cadangan pangan negeri.

–>

Bahana. com – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ditunjuk Pemimpin Jokowi sebagai leading sektor kabut proyek lumbung pangan atau food estate di Kalimantan Tengah. Nantinya Ketua Umum Partai Gerindra itu akan mempersiapkan cadangan pangan negeri.

Spesialis Bicara Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan apabila negara mendapati situasi krisis, maka pemerintah bisa menyandarkan food estate yang akan dibangun di Kalimantan Tengah tersebut.

Dahnil membaca kalau menurut peringatan organisasi bertabur dan pertanian dunia atau Food and Agriculture Organization (FAO) bakal ada potensi ancaman krisis pangan dunia di waktu mendatang. Sebab itu pemerintah pun mengantisipasinya sedini mungkin dengan menunjuk Kemenhan sebagai pemimpin leading sectornya.

“Food estate dalam Kalimantan Tengah ini dikembangkan sebagai pusat pertanian pangan sebagai basi logistik strategis untuk pertahanan negeri, ” jelas Dahnil kepada Perkataan. com, Rabu (15/7/2020).

Dahnil menyebut kalau food estate tersebut bukan serupa program mencetak sawah. Akan tetapi pengembangan pusat pangan lainnya serupa singkong, jagung atau tanaman asing yang sesuai dengan kondisi tanah.

Karena sudah ditunjuk oleh Presiden Jokowi, maka Prabowo memiliki tugas untuk mempersiapkan cadangan logistik strategis jikalau sewaktu-waktu negara berada dalam suasana kekurangan pasokan pangan.

Meskipun dipimpin Prabowo, posisi food estate tetap untuk membantu Kementerian Pertanian dan Bulog.

“Food estate sebagai cadangan logistik strategis buat pertahanan negara berfungsi membantu kementerian pertanian dan bulog, bila sepadan saat, dalam kondisi tertentu kita kekurangan supply pangan, ” ujarnya.