Categories
Info

Doa Malam Nuzulul Quran dan Amalan-amalan yang Perlu Dikerjakan

Suara. com berantakan Setiap tanggal 17 Ramadhan diperingati sebagai Nuzulul Alquran. Tahukah kalian bahwa tersedia doa Nuzulul Quran yang dapat dibaca setiap tanggal 17 Ramadhan nanti? Nuzulul Quran adalah turunnya Al Quran pertama kali, yakni pada tanggal 17 Ramadhan kepada Nabi Muhammad SAW. Al Quran diturunkan mencuaikan Malaikat Jibril, dengan wahyu pertama yaitu Surat Al-Alaq ayat…

Perkataan. com – Setiap tanggal 17 Ramadhan diperingati sebagai Nuzulul Quran. Tahukah kalian bahwa ada doa Nuzulul Quran yang dapat dibaca setiap tanggal 17 Ramadhan nanti?

Nuzulul Quran adalah turunnya Al Quran pertama kali, yaitu pada tanggal 17 Ramadhan kepada Nabi Muhammad SAW. Al Quran diturunkan meniti Malaikat Jibril, dengan wahyu pertama yaitu Surat Al-Alaq ayat 1-5. Pada era wahyu tersebut diturunkan dan disampaikan oleh Malaikat Jibril, Nabi Muhammad SAW pantas berada di Gua Hira.  

Bacaan Doa Nuzulul Quran

Berikut ini ciri Nuzulul Quran yang menetes pada 17 Ramadhan:

Baca Pula: Penyejuk Absurd, Ini Playlist Lagu Kepercayaan Untuk Didengarkan Selama Ramadhan

Allahummagfir Lii Wa Liwaalidayya Arhamhumaa Kamaa Robbayaanii Shoghiiroo.

Dengan artinya: Ya Allah. Ampunilah aku dan kedua orangtuaku dan kasihanilah keduanya sama dengan mereka menyayangiku sejak kecil.

Bacaan doa Nuzulul Quran dibaca pada saat memperingati atau menjalani malam Nuzulul Quran. Doa tersebut mempunyai maksud untuk memohon dan menodong ampunan kepada Allah SWT atas semua kesalahan muncul kita sendiri maupun ke-2 orangtua kita.

Berdasarkan penuturan sahabat Huzaifah RA tentang pengalamannya ketika sholat tarawih bersama Nabi SAW, Rasulullah SAW mengulangi membaca Al Quran dari surat pertama, Al Fatihah, Al Baqarah sampai sempurna.

Setelah itu, Rasulullah SAW menyambungnya lagi dengan tulisan An Nisa’ sampai akhir surat. Setiap kali Rasulullah SAW melewati ayat dengan mengandung hal-hal yang menegangkan, beliau berhenti sejenak buat berdoa memohon perlindungan.

Baca Juga: Jadwal Nuzulul Quran 2021 Ramadhan 1442 H, Jangan Terlewat Malam 1000 Bulan

Lengkap sholat Isya pada depan malam sampai akhir malam, Bilal memberi tahu beliau bahwa waktu sholat Pagi buta telah tiba beliau hanya sholat 4 rakaat” (Riwayat Ahmad, dan Al Hakim). Demikianlah cara Rasulullah SAW memperingati turunnya Al Quran pada bulan Ramadhan.