Categories
Info

Geruduk DPRD DKI, Demo Mahasiswa Dorong Reklamasi Ancol Ricuh dengan Petugas

Suara. com semrawut Sekelompok mahasiswa mendadak menggelar demonstrasi di kawasan gedung DPRD DKI Jakarta pada Selasa (28/7/2020) burit. Mereka menyatakan penolakannya terhadap proyek reklamasi kawasan Taman Impian Jaya Ancol yang menuai polemik.

–>

Suara. com – Sekelompok mahasiswa mendadak mengimplementasikan demonstrasi di kawasan gedung DPRD DKI Jakarta pada Selasa (28/7/2020) sore.

Mereka menyatakan penolakannya terhadap rencana reklamasi kawasan Taman Impian Hebat Ancol yang menuai polemik.

Pantauan Suara. com, demo kali ini tidak terjadi kaya biasanya di luar pagar gedung. Para pendemo yang mengatasnamakan Kegiatan Mahasiswa Jakarta Bersatu ini menyelenggarakan aksi di bagian dalam kawasan gedung dewan Kebon Sirih.

Mulanya mereka membentangkan spanduk penolakan reklamasi & langsung berorasi tepat di pinggiran wilayah Balai Kota dan DPRD. Salah satu orator menyatakan menolak reklamasi yang dulu sempat ditolak Gubernur Anies Baswedan itu.

“Tolak reklamasi, reklamasi hanya merugikan rakyat, ” sirih satu diantara orator di lokasi, Rabu (28/7/2020).

Hanya sebentar setelah orasi dimulai, petugas keamanan langsung ramai-ramai mendatangi para pengujuk rasa. Mereka meminta biar para pendemo segera keluar daripada kawasan gedung DPRD DKI.

Penampakan unjuk rasa mahasiswa penolak reklamasi Ancol di gedung DPRD DKI yang berujung ricuh. (Suara.com/Fakhri).
Penampakan unjuk rasa mahasiswa pencegah reklamasi Ancol di gedung DPRD DKI yang berujung ricuh. (Suara. com/Fakhri).

Para pendemo lantas menolak diminta muncul dari gedung DPRD. Mereka ngotot ingin menggelar aksi di arah dalam kawasan DPRD dengan tanda gedung itu merupakan rumah anak buah.

“Ini sendi rakyat, pak. Bikinnya pakai uang rakyat! Masa kita enggak bisa, ” kata salah satu kawula aksi.

Para demonstran lantas melakukan perlawanan dan tak terima dikeluarkan. Para petugas keamanan dan Satpol PP saling dorong.

Salah satu pendemo bahkan terlihat hampir adu jotos secara salah satu petugas. Petugas dengan jumlahnya lebih banyak terus menghalau dah sempat mencekik salah kepala demonstran.