Categories
Info

Heboh Azan Ajak Jihad, HNW PKS: Tidak Seharusnya Seruan Jihad Lewat Azan

Suara. com – Bagian DPR RI fraksi PKS Hidayat Nur Wahid atau HNW mengecam FPI yang mengumandangkan azan secara menambahkan ajakan jihad. HNW mencuaikan akun Twitter miliknya @hnurwahid memperhitungkan tidak seharusnya ajakan jihad dilakukan dengan mengubah redaksi azan.

Suara. com – Anggota DPR RI fraksi PKS Hidayat Nur Wahid atau HNW mengkritik FPI yang mengumandangkan seruan salat dengan menambahkan ajakan jihad.

HNW meniti akun Twitter miliknya @hnurwahid menghargai tidak seharusnya ajakan jihad dilakukan dengan mengubah redaksi azan.

Wakil Ketua MPR RI itu mejelaskan, ajakan jihad juga pernah disampaikan oleh KH Hasyim Ashari Asy’ariy dengan Pernyataan Jihad pada 22 Oktober 1945.

Selain itu, PB Muhammadiyah juga pernah menyerukan ajakan jihad dengan Amanat Jihad pada 28 Mei 1946.

Baca Juga: Seruan Alumni 212: Memakai Kaos dan Kibarkan Bendera Mengambil Rizieq Shihab

Meski demikian, teriakan jihad tersebut tidak disampaikan melalui azan.

Ajakan ‘jihad’ dulu pernah dikumandangkan oleh KH Hasyim Asy’ariy dengan Resolusi Jihad (22/10/1945) dan PB Muhammadiyah dengan Instruksi Jihad (28/5/1946) tapi keduanya jihad melawan penjajah Belanda dan tidak disampaikan melalui azan, ” kata HNW seperti dikutip Suara. com, Selasa (1/12/2020).

Menurut HNW, ajakan jihad yang benar seperti apa yang dilakukan oleh kedua pendahulu, yaitu KH Hasyim Asy’ariy dan PB Muhammadiyah puluhan tahun silam.

Sebab, azan telah memiliki aturan tersendiri dan tak bisa diganti-ganti.

Begitulah seharusnya karena azan sudah ada aturannya , ” ungkap HNW.

Baca Juga: Polisi Larang Massa HRS Tampil saat Pemeriksaan, Ngeyel akan Dibubarkan

HNW sebut seruan jihad tak boleh lewat azan (Twitter/hnurwahid)
HNW sebut pekik jihad tak boleh lewat seruan salat (Twitter/hnurwahid)

Tatkala itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia KH Cholil Nafis juga menegaskan azan berisi ajakan jihad tidak sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad.