Categories
Info

Jokowi Tak Bahas Masalah Manipulasi di Sidang Tahunan, Moeldoko: Tolong Lihat Aksinya

Suara. com – Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR/DPR/DPD 2021 tak menyinggung soal pemberantasan korupsi di Indonesia. Menyikapi hal tersebut, Kepala Pekerja Kepresidenan Moeldoko meminta seluruh pihak melihat yang barang apa yang telah dilakukan Jokowi dalam hal pemberantasan manipulasi.

Suara. com – Presiden Joko Widodo dalam lektur kenegaraan di sidang tahunan MPR/DPR/DPD 2021 tak menyinggung soal pemberantasan korupsi pada Indonesia.

Menanggapi hal itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meminta semua pihak melihat yang apa yang sudah dilakukan Jokowi dalam hal pemberantasan korupsi.

“Kami concern melihat actionnya dari apa yang telah dilakukan pak Presiden di dalam konteks korupsi, ” introduksi Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (18/8/2021).

Moeldoko menegaskan bahwa Jokowi selalu menekankan agenda-agenda tumbuh termasuk bagaimana pencegahan manipulasi, hal itu tak boleh diabaikan. Namun dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, kata Moeldoko, pemerintah lebih memprioritas sektor kesehatan.

Baca Juga: Sambut HUT ke-76 RI, Mahmudin Tiang Kaki Wonosobo-Jakarta, Dapat Roda dari Jokowi

“Tapi presiden juga selalu mewanti-wanti jangan sampai agenda-agenda besar lain diabaikan oleh siapapun. Nah di antaranya program besar itu adalah dengan jalan apa kita mencegah korupsi dan menghindari tindakan korupsi, ” ujarnya.

Dia menuturkan, Jokowi juga telah memimpin sidang kabinet terbatas yang acara utamanya tentang bagaimana ruang persepsi korupsi dan penyajian publik menjadi atensi barisan kabinet.

Selain itu, cakap dia, langkah pemerintah dalam pencegahan korupsi yakni diluncurkannya layanan sistem online single submission (OSS). Layanan OSS tersebut merupakan salah satu indikator bahwa Inonesia telah menjalankan open government.

“Terakhir saya sampai di Georgia tentang open government partneship, karena barang apa, karena melihat perkembangan manipulasi di Indonesia cukup indah. Cara-cara Pengelolaan pemerintahan yang terbuka, juga sangat jelas. OSS salah satu tanda bahwa kami itu mau menjauhkan dari korupsi, ” klaimnya.

Menurutnya Perpres 55/2018 juga sudah jelas terkait strategi nasional pencegahan manipulasi. Yakni bagaimana membangun hubungan antara KPK dengan pemerintah dalam upaya mencegah korupsi.

Menangkap Juga: Mural ‘Merdeka atau Mati’ Mengambil Mirip Jokowi di Rengsa Dihapus

“Untuk itulah langkah berikutnya lagi dalam konteks penanganan Covid ini presiden ingin semuanya berlaku dengan cepat, tetapi harus titik kritikalnya adalah tingkat kehati- hatian dalam menamsilkan keuangan, ” ucap dia.