Categories
Info

Kunjungi Kampung Akuarium Gusuran Ahok, Anies: Warga Bangun Kembali Kehidupannya

Bahana. com – Melalui akun instagramnya, Gubernur Anies Baswedan membagikan momen kunjungan ke Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta, Utara. Anies sempat menyinggung soal warga yang sudah terkena penggusuran di kurun Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Suara. com – Melalui akun instagramnya, Gubernur Anies Baswedan membagikan momen kunjungan ke Wilayah Akuarium, Penjaringan, Jakarta, Melahirkan. Anies sempat menyinggung soal warga yang pernah tersentuh penggusuran di era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama ataupun Ahok.

Sejak berganti kepemimpinan, Anies pada tahun 2018 mencanangkan pembangunan kawasan pesisir ini. Bahkan ia telah menjanjikannya saat kampanye Pilkada 2017 lalu.  

Dalam unggahannya itu, Anies mengunjungi Kampung Akuarium setelah mendatangi Kampung Sungguh Batang pada Senin (15/3/2021). Lalu ia menyapa sebesar warga sambil memantau jalan proyek di lokasi.

Menurutnya sejak digusur Ahok, saat ini kehidupan warga dalam tempat itu sudah berangkat dibangun kembali seiring pengerjaan penataan.

Baca Juga: Bangun Kembali Kampung Akuarium, Anies: Ini Contoh Kolaborasi di Jakarta

“Meninjau proses pembangunan kampung susun Akuarium. Setelah digusur pada 2016 kini warga Zona Akuarium membangun kembali kehidupannya, ” ujar Anies dalam keterangannya di akun instagram, dikutip Selasa (16/3/2021).

Rencana penataan Kampung Akuarium termasuk dalam program Community Action Plan (CAP) yang turut dikerjakan bersama kampung lainnya.

Dia menyatakan proses perencanaan penataan kawasan ini sungguh memakan waktu yang sedang lama karena konsep TANDA harus melibatkan masyarakat.  

Pengerjaan penataan kembali Kampung Akuarium dimulai setelah groundbreaking pada 17 Agustus tahun lalu.

“Proses perencanaan memang relatif ramal lama, karena dilakukan bersama-sama dengan warga. Tapi hasilnya InsyaAllah akan benar-benar menanggapi kebutuhan warga di Wilayah Akuarium, ” tuturnya.

Baca Selalu: Pemprov Lapis Skema Penataan Kampung Akuarium, Warga Bisa Tak Punya Aset

Saat ini, pembangunan Kampung Susun Akuarium itu kini sudah menyentuh 35 persen. Direncanakan akan dibangun rumah di 5 blok, dengan jumlah 241 unit tipe 36 serta ditargetkan selesai akhir tarikh ini.