Categories
Info

MEMERIKSA FAKTA: Benarkah Bupati Konawe Mengucapkan Disuap Menko Luhut?

Suara. com porakporanda Belum lama ini, beredar suatu berita di mana Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa diduga membenarkan dirinya disuap oleh Menteri Pemimpin Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan terkait kedatangan 500 Tenaga Kerja Asing (TKA) China ke Sulawesi Tenggara.

–>

Suara. com – Belum lama ini, beredar sebuah berita di mana Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa diduga mengakui dirinya disuap oleh Menteri Koordinator Tempat Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan terkait kedatangan 500 Gaya Kerja Asing (TKA) China ke Sulawesi Tenggara.

Berita tersebut sempat ramai di media sosial usai diunggah oleh pengguna Facebook bernama El Shirazy pada hari Senin (4/5/2020).

Gass lhaa apa teristimewa… ” demikian tulisnya via Facebook.

Sementara itu, judul berita itu adalah “Bupati Konawe Akui ‘Dijanjikan Sesuatu’ Menko Luhut Panjaitan soal 500 TKA China” dan diterbitkan oleh situs Konfrontasi[dot]com.

Namun, apakah berita tersebut dapat dipercaya? Benarkah Bupati Konawe mengakui dirinya disuap?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax. id — jaringan Suara. com, dapat dipastikan bahwa berita di atas berisi informasi yang mengelirukan. Pasalnya, berdasarkan hasil wawancara, Bupati Konawe tak pernah mengeluarkan pemberitahuan terkait suap-menyuap.

Pernyataan yang dikeluarkan oleh Tumenggung Kery Saiful diambil dari hasil wawancaranya dalam program “Apa Informasi Indonesia Pagi” yang ditayangkan oleh TV One.

Berita Bupati Konawe diduga akui disuap Menko Luhut (Facebook).
Berita Tumenggung Konawe diduga akui disuap Menko Luhut (Facebook).

Sepanjang wawancara, ia sama seluruhnya tak menyebut soal dugaan suap-menyuap seperti yang dituduhkan dalam berita. Kery hanya menyinggung janji Luhut ketika ia berbicara soal bantuan dari perusahaan yang berencana memasukkan 500 TKA China itu, PT Virtue Dragon Nickel Industry, dan pemerintah pusat.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas maka dapat dipastikan bahwa tidak benar jika Tumenggung Konawe Kery disuap oleh Menko Luhut atas kasus masuknya 500 TKA China ke Indonesia. Informasi di atas dipelintir dari hasil wawancara Kery dan digunakan buat menyebarkan informasi yang menyesatkan.

Catatan Sidang pengarang:
Tulisan ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara. com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Melihat Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui tulisan komentar di setiap konten terpaut, mengontak Redaksi Suara. com, ataupun menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected] com.