Categories
Info

Mutasi Corona B117 Masuk Nusantara, Pemerintah: Jangan Khawatir Berlebihan

Pandangan. com – Juru Cakap Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, meminta masyarakat untuk tidak perlu khawatir dengan masuknya mutasi Covid-19 B117 asal Inggris ke tanah air. Wiku menuturkan, pergantian virus adalah hal dengan lazim terjadi semasa pandemi, virus memang akan bermutasi untuk bertahan hidup.

Pandangan. com – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, meminta masyarakat untuk tidak perlu khawatir dengan masuknya mutasi Covid-19 B117 asal Inggris ke tanah tirta.

Wiku menuturkan, mutasi virus adalah hal yang wajar terjadi semasa pandemi, virus memang akan bermutasi buat bertahan hidup.

“Maka dari itu saya minta masyarakat jangan kacau berlebihan, peneliti di negeri termasuk di Indonesia terus melakukan penelitian soal covid-19 dan mutasinya, ” introduksi Wiku dalam jumpa pers virtual, Kamis (4/3/2021).

Dia juga mengklaim vaksin CoronaVac buatan Sinovac Biotech, China yang saat ini dipakai di Indonesia tetap efektif melawan mutasi B117.

Baca Serupa: Pemerintah Klaim Vaksin Sinovac Efektif Melayani Mutasi Corona B117

“Pemerintah memastikan vaksin covid-19 yang saat ini dimanfaatkan di Indonesia masih efektif dalam melawan mutasi covid-19 asal Inggris B117, ” tegasnya.

Selain itu pemerintah Indonesia kata Wiku, beriktikad akan memperketat proses skrining setiap orang yang meresap ke pintu masuk negeri.

Meski begitu, masyarakat lestari wajib mematuhi protokol kesehatan 5M memakai masker, memelihara jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan membatasi pergeseran.

Diketahui, dua kasus virus strain B117 asal Inggris sudah merembes ke Indonesia sejak akhir Januari dibawa oleh dua TKI asal Karawang, Jawa Barat yang baru kembali dari Arab Saudi berinisial M (40) 28 Januari dan A (45) 31 Januari 2021.

Keduanya mendarat di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, lalu menjalani swab test PCR dan ternyata membangun Covid-19, mereka langsung menjalani kewajiban karantina 10 keadaan di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara.

Baca Juga: Zona Merah Covid Tinggal 11 Daerah: DKI Jakarta Nihil, Jateng Menyesatkan Banyak

Sampel swab mereka dibawa oleh Kementerian Kesehatan untuk menjalani tes whole genome sequencing, & ternyata sampel mereka menyimpan mutasi B117 asal Inggris.

Setelah dinyatakan negatif Covid-19 dan sembuh, mereka baru dipulangkan oleh Satgas Covid-19 ke Karawang.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono baru mengumumkan secara sah bahwa strain B117 sudah masuk ke Indonesia pada 2 Maret 2021 atau tepat peringatan satu tahun Covid-19.