Categories
Info

Mutasi Pola Industri, Menaker Mengambil BLK Kolaborasi dengan Negeri Usaha

Suara. com – Gajah Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mendorong BLK untuk terus berangkulan dengan dunia usaha supaya pelatihan yang diselenggaraan berharta mengikuti perubahan pola pabrik yang muncul karena revolusi industri 4. 0 serta pandemi Covid-19.

Suara. com – Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mendorong BLK buat terus berkolaborasi dengan dunia usaha agar pelatihan dengan diselenggaraan mampu mengikuti mutasi pola industri yang tampak karena revolusi industri 4. 0 dan pandemi Covid-19.  

“Kita dalam perihal seperti ini tidak ada pilihan selain kolaborasi secara dunia usaha, seberat apapun tantangan ketenagakerjaan bisa dilalui dengan kolaborasi, ” cakap Ida, saat menyampaikan pertimbangan pada acara Penutupan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Periode I BLK Bantaeng, keadaan Sabtu (20/3/2021).

Selain revolusi industri 4. 0 dan dampak pandemi Covid-19, sambung Ida, kolaborasi dengan dunia industri pula diperlukan untuk menjawab tantangan klasik ketenagakerjaan. Di antaranya adalah angkatan kerja dengan mayoritas berpendidikan menengah ke bawah dan mismatch antara supply dan demand pasar kerja.

Ida berharap, persekutuan dengan stakeholders mampu menguatkan BLK. Tidak hanya daripada sisi pelatihan dan sertifikasi, namun juga dari bagian penempatan.

Baca Juga: Kemnaker Gelar Bazar Berperan Bangkitkan Usaha Mikro, Tersebut Tanggal dan Lokasinya

“Saya berharap BLK Bantaeng ini bisa menjadi tenpat bertemunya semua stakeholder ketenagakerjaan maupun pertemuan dengan para-para pelaku usaha di rekan kerja, ” kata Ida.

Selain kolaborasi, upaya lain yang dilakukan Kemnaker merupakan menerapkan program transformasi BLK. Arah kebijakannya, mengubah BLK sebagai Balai Pelatihan Vokasi menjadi pusat pengembangan kompetensi dan produktivitas tenaga kegiatan yang berdaya saing dalam tingkat nasional dan global.  

“Agenda 6R dengan perlu menjadi perhatian istimewa kita yaitu Reformasi kelembagaan, Redesain substansi pelatihan, Revolusi SDM, Revitalisasi fasilitas & sarana prasarana, rebranding BLK, dan relationship, ” ujarnya.