Categories
Info

Pemerintah Segera Tracing dan Testing Covid-19 Secara Massif, Itu Wilayah Sasarannya

Suara. com – Pemerintah akan melakukan penambahan testing dan tracing secara masif terutama di zona padat penduduk. Bagi awak yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka akan langsung dibawa ke pusat karantina terdekat.

Suara. com semrawut Pemerintah akan melakukan peningkatan testing dan tracing secara masif pertama di kawasan padat warga. Bagi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka akan langsung dibawa ke sentral karantina terdekat.

Menteri Pemimpin Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kalau penambahan testing dan tracing tersebut bakal dilaksanakan di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Solo Awam, Semarang dan Malang Besar.

Saat tersebut pihaknya tengah melakukan pembicaraan final untuk pelaksanaan tracing dan testing secara kekar tersebut.

“Jadi jam 19. 45 WIB nanti bakal kami finalkan, gimana kita akan langsung testing & tracing di perumahan-perumahan padat penduduk, ” kata Luhut dalam konferensi pers dengan disiarkan melalui kanal YouTube Kemenko Marves, Rabu (21/7/2021).

Mengaji Juga: Tutor Besar FK UI: Urusan Covid-19 Indonesia Seolah Mendarat, Padahal Testing Berkurang

Luhut mengungkapkan, pentingnya proses testing dan tracing yaitu supaya bisa melakukan penanganan lebih dini. Kalau penanganan dilakukan lebih cepat oleh karena itu akan menurunkan resiko mair pada pasien.

Dia selalu menjelaskan, pemerintah tidak bakal hanya melakukan testing serta tracing saja. Apabila ada warga yang terkonfirmasi tentu Covid-19, maka akan tepat dibawa ke tempat karantina.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini mengemukakan, di tempat karantina itu sudah ada obat terapinya, dokter serta fasilitas lainnya.

Hal tersebut diupayakan untuk memperkecil pemburukan pasien dengan menjalani isolasi mandiri pada rumah.

“Daripada di panti saja, apalagi teman-teman dengan daerah padat penduduk aku kira tingkat penyebaran benar tinggi. Kita tujuannya membinasakan transmisi delta varian ini, ” ujarnya.

Baca Juga: Epidemiolog Nilai Perpanjangan PPKM Kurang Lama, Testing Harus Makin Masif

Sementara apabila ada kepala keluarga yang ternyata terkonfirmasi positif Covid-19, Luhut meminta anggota keluarganya tidak perlu kacau. Karena selama kepala puak menjalani isolasi, pemerintah bakal menyalurkan bantuan sosial.