Categories
Info

Pengantara Ketua MPR: Jokowi Harus Reshuffle Kabinet Kalau Tidak Mau Rusak

Suara. com – Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid alias HNW mengatakan, Presiden Joko Widodo menetapkan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet dengan mengganti menteri yang prestasi kerjanya buruk. Reshuffle itu diperlukan agar Jokowi dapat mewarisan kemampuan yang baik di akhir era kepemimpinannya.

–>

Perkataan. com – Pengantara Ketua MPR RI Hidayat Sinar Wahid alias HNW mengatakan, Pemimpin Joko Widodo perlu melakukan reshuffle atau perombakan kabinet dengan menyilih menteri yang performa kerjanya membatalkan. Reshuffle itu diperlukan agar Jokowi dapat mewarisan kinerja yang elok di akhir periode kepemimpinannya.

“Kalau bungkus Jokowi ingin diiingat sebagai kepala yang meninggalkan warisan atau legacy yang baik, menurut saya sebenarnya sebaiknya beliau laksanakan apa dengan membuat beliau marah itu, yakni reshuffle kabinet, ” kata HNW dalam sebuah diskusi virtual, Kamis (20/8/2020).

Jokowi sempat meluapkan amarahnya di pendahuluan jajaran Kabinet Indonesia Maju karena tidak becus dalam penanganan Covid-19. Namun, kemarahan mantan Gubernur DKI Jakarta itu belum membuat transisi yang signifkan hingga saat itu.

Taat Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, kalau jajaran kabinet Indonewsia Maju tidak menunjukkan perbaikan, Jokowi bakal memperoleh dampak negatifnya. Selain itu, anak buah Indonesia juga menjadi pihak yang paling terdampak.

“Jadi kalau begini tetap yang rugi juga bukan Bungkus Jokowi sendiri, tapi yang rugi rakyat Indonesia, ” ujarnya.

Dia tahu, Jokowi bisa terpilih menjadi orang nomor satu di Indonesia karena rakyat. Oleh karena itu, Jokowi harus menggerakkan kabinetnya agar menyala lebih baik untuk kepentingan anak buah dan negara.

“Harusnya kemudian beliau hadirkan kabinet yang baik, supaya era jabatan terakhir beliau ini menjadi husnul khatimah, akan berjalan secara baik, sebagai presiden yang sukses. Tentunya nggak mau dong jika gagal, ” pungkasnya.