Categories
Info

Peristiwa Covid-19 Meroket, Epidemiolog Kira-kira Rumah Sakit Sebulan Lagi Bakal Kolaps

Bahana. com – Kabid Perluasan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Dr Masdalina Pane memprediksi fasilitas kesehatan tubuh rumah sakit di Indonesia akan kolaps dalam sebulan ke depan jika urusan Covid-19 terus melonjak.

Suara. com berantakan Kabid Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Dr Masdalina Pane memprediksi fasilitas kesehatan rumah sakit di Nusantara akan kolaps dalam sebulan ke depan jika kejadian Covid-19 terus melonjak.

Masdalina mengatakan Pemerintah bersama satgas covid-19 juga diminta buat segera melakukan penguatan 3T; testing, tracing, dan treatment terhadap warganya agar transmisi bisa terpetakan dengan bagus.

“Jika tak ada containment , tidak ada pengoperasian yang tepat dan cepat, saya bisa katakan dua minggu sampai satu kamar lagi, kita sudah hendak kolaps, ” kata Masdalina dalam diskusi Satgas Covid-19, Kamis (17/6/2021).

Penambahan ranjang sebanyak apapun di vila sakit menurutnya juga tidak akan berpengaruh karena pasien akan terus bertambah.

Baca Pula: Darurat! Enam Warga Tangsel Kontak Baik Covid-19 Varian Delta

“Tidak bisa hanya dengan terus menambah tempat rebah, karena pada satu titik itu akan terjadi kapasitas lonjakan, dimana rumah kecil dan tempat tidur telah tidak mampu lagi mengatasinya, ” ucapnya.

Selain tersebut, kegiatan masyarakat juga diminta untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M; memasang masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan.

“Peran dan masyarakat itu juga oleh karena itu faktor penting, pada masa ini mungkin pembatasan mobilitas itu bisa menjadi penyelesaian, tapi itu tidak bisa lama, ” pungkasnya.

Secara kumulatif, pandemi COVID-19 telah menginfeksi satu. 937. 652 orang Nusantara, kini masih terdapat 120. 306 kasus aktif, 1. 763. 870 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 53. 476 jiwa meninggal negeri.

Baca Juga: Update Covid-19 RI Sepekan: Kasus Positif Naik 38, 3 Persen, Angka Kesembuhan Menyusut