Categories
Info

PERSI Ungkap RS Mulai Diserbu Pasien Covid-19 Usai Lebaran

Suara. com – Sekjen Perhimpunan RS Indonesia (PERSI) Lia G. Partakusuma mengungkapkan bahwa kedudukan rumah sakit saat tersebut mulai disibukkan dengan penderita Covid-19 yang datang usai Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Perkataan. com – Sekjen Perhimpunan RS Indonesia (PERSI) Lia G. Partakusuma mengungkapkan bahwa kondisi rumah sakit saat ini berangkat disibukkan dengan pasien Covid-19 yang datang usai Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Lia menjelaskan biar secara rata-rata nasional, jumlah keterpakaian tempat tidur ataupun bed occupancy rate (BOR) Covid-19 masih sekitar 30 persen, tetapi ada kenaikan kasus di beberapa provinsi seperti Aceh dan Sulawesi Barat.

“BOR yang ada masih kira-kira 30 persen atau dalam bawah 30 persen, tapi kalau kita lihat mulai provinsi itu sudah ada beberapa provinsi yang membuktikan angka peningkatan yang istimewa, ada beberapa provinsi dengan naik lebih daru 50 persen, yaitu Aceh dan Sulawesi Barat, ” kata pendahuluan Lia dalam diskusi KPCPEN, Kamis (20/5/2021).

Selain itu, beberapa provinsi lain semacam Sumatera Utara, Kalimantan Barat, dan Riau juga berangkat naik 25-50 persen, mengikuti Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jawa Sedang, dan Jambi juga naik 10-24 persen.

Baca Juga: Lebaran Ketupat: Takrif, Sejarah

Kemudian pada Bengkulu, Sumatera Selatan serta DI Yogyakarta juga meningkat di bawah 10 tip.

“Jadi data yang hamba sebutkan beberapa provinsi yang meningkat ini itu sudah mulai terlihat bahwa ICU disana sudah mulai tinggi bahkan melebihi kapasitas dalam provinsi yang lebih dari 50 persen kasusnya meningkat, ada ICU yang tak bisa menampung lagi penderita, ” ucapnya.

Sebelumnya, Departemen Kesehatan mencatat BOR Covid-19 tertinggi ada di Sumatera Utara (58 persen), Kepulauan Riau (58 persen), Riau (52 persen), Kalimantan Barat (46 persen), Sumatera Barat (46 persen).

Lalu Sumatera Selatan (45 persen), Jambi (44 persen), Bangka Belitung (42 persen), DI Yogyakarta (41 persen), dan Nusa Tenggara Barat (41 persen).

Pemerintah juga telah mempersiapkan 982 gedung sakit rujukan Covid-19 pada seluruh Indonesia yang kini masih tersedia sekitar 78. 227 tempat isolasi untuk pasien Covid-19.

Baca Juga: Pasien Covid-19 Klaster Perumahan di Kota Geruh Meninggal

Selain itu, masih ada juga 43 Rumah Sakit Lapangan Covid-19 di 9 provinsi, 2. 188 dari 9. 148 tempat tidurnya sudah terpakai.