Categories
Info

Raut Abdul Muti, Tokoh Muhammadiyah Digadang Masuk Bursa Calon Mendikbud

Suara. com – Kabar perombakan ataupun Reshuffle Kabinet oleh Presiden Joko Widodo kerap kala menyangkut nama Abdul Muti, seorang tokoh Muhammadiyah. Abdul Muti kini menjabat jadi Sekretaris Umum Pimpinan Sentral Muhammadiyah sekaligus mantan PP Pemuda Muhammadiyah. Simak raut Abdul Muti berikut ini.

Suara. com – Kabar perombakan atau Reshuffle Kabinet oleh Kepala Joko Widodo kerap kali menyangkut nama Abdul Muti, seorang tokoh Muhammadiyah. Abdul Muti kini menjabat sebagai Sekretaris Umum Pimpinan Induk Muhammadiyah sekaligus mantan PP Pemuda Muhammadiyah. Simak raut Abdul Muti berikut itu.

Di awal Kabinet Jokowi pada 2020 lalu, tanda Abdul Mu’ti sempat digadang-gadang masuk ke dalam jajaran Wakil Menteri Kabinet Nusantara Maju. Saat itu, Abdul Muti dikabarkan mendapat benar presiden menjadi wakil menteri pendidikan dan kebudayaan. Tetapi beliau menolak lantaran kapasitasnya dirasa belum cukup mengemban amanah tersebut.

Isu Reshuffle kabinet oleh Presiden Jokowi dalam periode dekat mengemuka seiring percampuran Kemendikbudristek. Hal ini  merujuk pada hasil Rapat Sempurna DPR RI ke-16 di dalam 9 April 2021 berarakan. Pemerintah sepakat meleburkan besar kementerian, yaitu Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dan Kementerian Pendidikan dan Kultur menjadi Kemendikbudristek.  

Dan kini Abdul Mu’ti kembali diisukan layak untuk menempati posisi di kementerian baru tersebut. M Qodari, Direktur Eksekutif Indo Barometer, menghargai jika Sekum PP Muhammadiyah tersebut layak dipertimbangkan hadir dalam jajaran kandidat Mendikbudristek.  

Baca Juga: Diisukan Merapat Lagi ke Jokowi, PAN Ngaku Belum Ada Tawaran Kursi Menteri

Untuk mengetahui bertambah jauh, mari simak raut Abdul Mu’ti selengkapnya beserta ini.

Profil Abdul Muti

Abdul Muti lahir di Kudus di dalam tanggal 2 September 1968. Pendidikan dasarnya ditamatkan dalam Kudus pada tahun 1986. Ia meraih gelar ahli dari Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang pada tahun 1991. Kemudian ia mengenyam dan menyelesaikan pendidikan S2 di Flinders University, South Australia pada tahun 1996. Dan Abdul Mu’ti melanjutkan pendidikan doktoralnya di UIN Syarif Hidayatullah.  

Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M. Ed. juga dikukuhkan sebagai Guru Mulia Bidang Pendidikan Agama islam di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pengukuhan guru besar ke-1. 050 tersebut dijalankan pada 2 September 2020.

Keanggotaan di Muhammadiyah

Baca Juga: Santer Isu Reshuffle, PAN Bakal Isi Jabatan Gajah Baru di Kabinet Jokowi?

Pria 52 tarikh tersebut tercatat sebagai bagian Muhammadiyah sejak tahun 1994 dengan nomor anggota 750178. Dalam organisasi yang dirintis oleh Ahmad Dahlan itu, Abdul Mu’ti pernah menjabat sebagai Sekretaris PWM Jawa Tengah periode 2000-2002. Lalu pada periode 2002-2006 menjabat sebagai Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah dan merangkap menjadi Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah 2005-2010.