Categories
Info

Rayakan Idul Adha di Pusat Ledakan Covid-19, Jokowi Menghasut Umat Teladani Pengorbanan Rasul Ibrahim

Suara. com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyilakan seluruh umat muslim buat bisa memetik hikmah loyalitas yang dilakukan Nabi Ibrahim AS terkait peringatan keadaan raya Idul Adha 2021. Sebab, pada perayaan tahun ini umat muslim pada Indonesia harus dihadapkan dengan situasi kritis akibat penyebaran Covid-19.

Suara. com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh umat muslim untuk bisa memetik hikmah pengorbanan yang dilakukan Nabi Ibrahim AS terkait peringatan hari raya Idul Adha 2021.

Sebab, dalam perayaan tahun ini umat muslim di Indonesia harus dihadapkan dengan situasi kritis akibat penyebaran Covid-19.

Jokowi menceritakan kalau Nabi Ibrahim AS sudah mewariskan keteladanan kepada pengikut muslim di mana betapa pentingnya keimanan, ketakwaan, kejujuran untuk berkorban tanpa syak wasangka demi menjalankan perintah Tuhan SWT.

Keteladanan itu sejatinya bisa diamalkan oleh pengikut muslim pada kondisi sekarang ini.

Baca Juga: Anies Pastikan Hanya 0, 1 Persen Orang Divaksin Lengkap Terinfeksi Covid-19

“Di tengah pandemi era ini kita perlu kesediaan lebih banyak berkorban penuh lagi. Mengorbankan kepentingan karakter dan mendahulukan kepentingan kelompok serta sesama, ” logat Jokowi dalam acara Takbir Akbar Virtual yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Kepala, Senin (19/7/2021) malam.

Secara melihat situasi akan dampak dari penyebaran Covid-19 sekarang ini, Jokowi menilai peristiwa tersebut menjadi momen dengan tepat untuk menguatkan solidaritas dalam semangat persaudaraan, ukhuwah Islamiyah, ukhuwah watoniyah dan ukhuwah isnaniyah .

Menurutnya itu hendak mampu melipatgandakan energi sesama manusia untuk menghimpun gaya serta optimis bangkit bersama.

Selain tersebut, Jokowi juga mengajak pengikut muslim untuk mengoptimalkan ikhtiar lahiriyah dan ikhtiar batiniyah.

“Kita berikhtiar bersama dengan disiplin mematuhi prokes memasang masker, mencuci tangan, melestarikan jarak, mengisolasi diri untuk yang bergejala dan memberikan bantuan untuk sesama, ” ucapnya.

Baca Juga: Hafalkan! Bacaan di Jarang Takbir Sholat Idul Adha di Rumah

Lebih lanjut, Jokowi juga kembali mengajak umat muslim untuk memetik hikmah pengorbanan Rasul Ibrahim AS.