Categories
Info

Sopir Bantu Nurhadi Buron, KPK Periksa 6 Saksi untuk Tersangka Ferdy Yusman

Pandangan. com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini memanggil enam saksi terkait kasus dugaan perintangan penyidikan dalam perkara mantan Penulis Mahkamah Agung (MA) Nurhadi (NHD) dan kawan-kawan.

Suara. com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini memanggil enam saksi terkait kasus perkiraan perintangan penyidikan dalam perkara mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi (NHD) dan kawan-kawan.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, keenam saksi itu akan diperiksa buat tersangka Ferdy Yuman yang merupakan sopir keluarga Nurhadi.  

“Keenamnya dipanggil sebagai saksi untuk tersangka FY (Ferdy Yuman/swasta), ” kata  Ali, Jakarta, Senin.

Mereka yang dipanggil, yaitu wiraswasta Soepriyo Waskito Adi, Asisten Organisator Bagian Legal PT Bintang Dharmawangsa Perkasa Pluit Jakarta Calvin Pratama, dua kasir PT Sly Danamas Money Changer Lily dan Sarofah serta dua karyawan swasta Gunawan dan Erwin.

Membaca Juga: Dituduh Jam Petugas KPK karena Renovasi Kamar Mandi Rutan, Nurhadi: Hoaks

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Ferdy sebagai tersangka pada Minggu (10/1).

Dalam konstruksi perkara dijelaskan pada 11 Februari 2020, KPK telah menerbitkan DPO atas nama tersangka Nurhadi, Rezky Herbiyono selaku menantu Nurhadi, dan Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) Hiendra Soenjoto.

Sejak 2017 sampai 2019, Ferdy bekerja sebagai sopir untuk Rezky dan keluarganya.

Pada Februari 2020, Ferdy atas perintah dari Rezky membuat perjanjian sewa menyewa vila di Jalan Simprug Golf 17 Suites 1 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan dengan pemilik rumah dan sekaligus menyerahkan uang sewa dengan tunai sebesar Rp490 juta.

Pada bulan yang serupa, Nurhadi bersama istrinya serta keluarga Nurhadi lainnya menempati rumah tersebut.

Baca Juga: Nurhadi Pukuli Petugas Rutan KPK, Kasusnya Diambil Alih Polres Jaksel

Pada Juni 2020, tim penyidik KPK yang telah melakukan pemantauan sebelumnya kemudian sampai ke rumah itu untuk menangkap Nurhadi dan Rezky.