Categories
Info

Target 4 Bulan, Pelarian Garong Penyamunan Barang Antik Rp 1, dua M Berakhir

Perkataan. com – Pelarian Dedi Susanto selama empat bulan buron sudah. Terduga pelaku pencurian barang antik senilai miliaran rupiah di Praja Palembang, Sumatera Selatan, itu jadi dibekuk petugas. Kekinian pria berusia 26 tahun itu harus meringkuk di jeruji besi Mapolrestabes Palembang pada Jumat (21/8/2020).

–>

Suara. com – Pelarian Dedi Susanto selama empat bulan buron berakhir. Terduga pelaku pencurian barang antik senilai miliaran rupiah di Kota Palembang, Sumatera Selatan, itu berhasil dibekuk petugas.

Kekinian pria berusia 26 tarikh itu harus meringkuk di jeruji besi Mapolrestabes Palembang pada Jumat (21/8/2020).

Kanit Pidum Satreskrim Polrestabes Palembang, AKP Robert Sihombing mengatakan, dalam aksinya pelaku ditemani dua rekannya.

“Pelaku Dedi kita tangkap dari hasil pengembangan rekannya yakni Okta yang terlebih dulu diamankan. Satu lagi masih kita buru, ” ujar dia pada Jumat (21/8/2020).

Kawanan garong ini membobol rumah korban bernama Zulkarnain di Jalan Makrayu, Lorong Mesjid Assalam, Kelurahan 30 Ilir, Kota Palembang, Senin (13/4/2020) silam. Mutlak kerugian korban mencapai Rp satu, 2 miliar.

“Buronan ini mencuri beraneka macam barang antik yang merupakan kumpulan milik korban. Ada 100 buah kristal Bohemia jenis piring, guci, dan piala yang mereka mengambil, ” papar Robert.

Bukan itu sekadar, para pelaku juga menggasak perhiasan, surat-surat berharga, serta jam tangan.

Dari penangkapan para pelaku, polisi mengamankan beberapa barang bukti berupa barang-barang antik milik korban.

“Yang kita amankan itu (barang antik), yang belum tahu mereka jual. Saat ini sedang kita kembangkan lagi, ” ungkap dia.

Terkait kasus pencurian barang antik ini, Dedi Susanto dijerat Urusan 363 KUHP. Ancaman penjara memutar lama lima tahun.