Categories
Info

Terima Tamu Wanita dan Langgar Lockdown, Penasihat Pandemi Inggris Mundur

Suara. com – Profesor Neil Ferguson, ilmuwan asal Inggris, mengundurkan diri dari posisinya sebagai penasihat pandemi virus Corona Covid-19 untuk Negeri Inggris. Keputusan itu diambil sesudah media Daily Telegraph melaporkan bahwa ia diketahui dua kali mengabaikan aturan lockdown karena menerima tamu wanita di rumahnya.

–>

Suara. com – Profesor Neil Ferguson, ilmuwan asal Inggris, berhenti dari posisinya sebagai penasihat pandemi virus Corona Covid-19 untuk Negeri Inggris.

Keputusan itu diambil setelah jalan Daily Telegraph melaporkan bahwa ia diketahui dua kali melanggar aturan lockdown karena menerima tamu wanita pada rumahnya.

Sebelumnya, pria berusia 51 tahun ini menyarankan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson untuk melakukan lockdown.

Dalam aturan lockdown di Inggris, di setiap orang hanya boleh meninggalkan sendi untuk membeli makanan, berolahraga atau kebutuhan medis, atau jika tidak dapat bekerja dari rumah.

Ferguson, profesor di Imperial College London, menyadari kesalahannya melanggar aturan lockdown.

Ia biar memutuskan mundur pada, Selasa (5/5/2020), dari Kelompok Penasihat Ilmiah buat Keadaan Darurat (SAGE), yang memutar peran penting dalam membentuk kebijaksanaan pemerintah.

“Saya mengakui telah membuat kelalaian dan mengambil tindakan yang lengah. Karena itu saya telah mundur dari keterlibatan di SAGE, ” kata Ferguson dikutip dari Reuters , Kamis (7/5/2020).

Selama berlaku untuk SAGE, Ferguson telah melaksanakan sejumlah kontribusi. Salah satunya, ia membantu menyiapkan model atau metode untuk mengukur separah apa penyaluran virus Corona di Inggris.

Model tersebut menjadi acuan pemerintah Inggris ketika memutuskan untuk menerapkan lockdown.