Categories
Info

Tersibak! KPK Minta Berkas Djoko Tjandra ke Jaksa dan Polisi, Tidak Dikasih

Suara. com – Komisi Pemberantasan Manipulasi (KPK) menyatakan telah dua kala meminta berkas dokumen perkara kasus Djoko Tjandra di Kejaksaan Gede maupun Kepolisian. Namun, kedua badan penegak hukum itu dianggap mengabaikan permintaan lembaga antirasuah.

Suara. com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan telah besar kali meminta berkas dokumen kasus skandal Djoko Tjandra di Kejaksaan Agung maupun Kepolisian. Namun, kedua instansi penegak hukum itu dianggap mengabaikan permintaan lembaga antirasuah.

“Benar, tim supervisi telah dua kali meminta dikirimkan salinan berkas, dokumen-dokumen lantaran perkara tersebut, baik dari Bareskrim maupun Kejagung, tapi hingga saat ini belum kami peroleh, ” ungkap Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dihubungi, Kamis (12/11/2020).

Nawawi menyebut bukan lembaganya minta untuk dihargai. Akan tetapi, sesuai undang-undang supervisi adalah tugas dan kewenangan yang diberikan di aturan hukum itu yang kudu dihargai semua pihak.

“Berkas dan dokumen-dokumen tersebut diperlukan tim supervisi buat digabungkan dengan dokumen-dokumen yang diperoleh dari masyarakat untuk selanjutnya ditelaah, ” ucap Nawawi.

Baca Juga: Mengambil Dokumen Perkara Djoko Tjandra, KPK Klaim Diabaikan Polri dan Kejagung

Nawawi pun membuka kemungkinan lembaganya akan melakukan penyelidikan baru pada perkara skandal Djoko Tjandra, bila ditemukan bukti yang tak iba.

“Dapat dipertimbangkan kemungkinan KPK melakukan analisis baru terhadap kluster yang belum tersentuh, ” imbuh Nawawi.