Categories
Info

Tertangkap saat Demo, Ini 6 Kejadian yang Wajib Dilakukan

Suara. com – Aksi demo besar-besaran menegah UU Cipta Kerja akan digelar hari ini, Kamis (8/10/2020). Awut-awutan apa yang harus dilakukan jika demonstran ditangkap polisi saat menggelar aksi? Larangan demo telah diumumkan oleh Polri menanggapi gelombang aktivitas massa sejak hari ketok pemukul UU Cipta Kerja disahkan, Senin (5/10/2020).

–>

Suara. com kacau Aksi demo besar-besaran menolak UU Cipta Kerja bakal digelar hari ini, Kamis (8/10/2020). Lalu apa yang harus dilakukan jika demonstran ditangkap polisi era menggelar aksi?

Larangan demo telah diumumkan oleh Polri menanggapi gelombang ulah massa sejak hari ketok palu UU Cipta Kerja disahkan, Senin (5/10/2020).

“Polri sudah secara tegas membuat atau melarang untuk melakukan aksi demo atau unjuk rasa di zaman pandemi Covid-19 ini. Bapak Kapolri juga sudah mengeluarkan maklumat menggunakan telegram, ” kata Kepala Arah Pelayanan Informasi dan Dokumentasi Jawatan PID Divhumas Polri, Tjahyono Saputro, Selasa (6/10/2020).

Namun, luapan kekecewaan kelompok mengenai pengesahan UU Cipta Kegiatan tak bisa lagi dibendung.
Sejumlah aksi massa menumpukan Omnibus Law UU Cipta Kerja rencananya akan digelar di sebesar daerah di Indonesia pada Kamis ini.

Lalu bagaimana jika massa dengan menggelar aksi ditangkap oleh penjaga? Apa yang harus dilakukan demonstran jika ditangkap polisi?

Mengutip utasan sebab akun @AksiLangsung yang menyadur keterangan dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, ada beberapa hal dengan harus dilakukan demonstran ketika ditangkap polisi, berikut ulasannya:

1. Menerbitkan Prosedur Penangkapan

“Polisi harus membuktikan surat tugas. Bila berdalih kamu “tertangkap tangan”, harus ada bahan bukti. Polisi tidak berhak hanya melakukan “pengamanan”, karena istilah itu tak dikenal di KUHAP. Itu harus bisa jelaskan alasan kamu diciduk, ” 

2. Dorong pemeriksaan yang ganjil

“Misalnya: peserta aksi massa kerap dipaksa tes urin. Padahal penyidik terakhir bisa menyuruh kamu tes urin setelah menunjukkan barang bukti narkotika dan/atau pemeriksaannya sudah masuk periode penyidikan” .